Monday, July 1, 2013

Beasiswa Luar Negeri


Pengen Kuliah ke Luar Negeri?. Pelajari Yuk!!

Saya kebetulan menemukan tulisan ini di website kemlu (kemlu.go.id) pas cari-cari info seputar beasiswa di Luar Negeri...Penting banget bagi saya yg sangat awam dg beasiswa di luar negeri (baca: belum pernah merasakan dpt beasiswa di LN).
Di info ini dijelaskan ttg jenis-jenis beasiswa, persyaratan umumnya, dan tips-tips untuk mendapatkan beasiswa. 
Semoga bisa bermanfaat ^ ^
Beberapa jenis beasiswa ke Luar Negeri:
  1. Beasiswa penuh, biaya beasiswa keseluruhannya ditanggung oleh pihak penyelenggara, mulai biaya sekolah, biaya belajar, hidup bulanan, dan ongkos pesawat pulang-pergi (PP). Contoh: Ausaid, Stuned, Fulbright, Chevening dan Monbukagakusho.
  2. Beasiswa Teaching Assistanship (TA): beasiswa yang berbentuk upah karena bertugas untuk membantu dosen atau menjadi asisten untuk mengajar. Biasanya diberikan kepada mahasiswa S3 atau S2 dimana bertugas mengecek tugas-tugas atau mengajar mata kuliah untuk angkatan di bawahnya. Jumlah upahnya bervariasi, tapi pada umumnya cukup untuk membiayai hidup per bulan, seperti untuk tempat tinggal, makan, dan transportasi. Beasiswa ini biasanya diberikan oleh universitas-universitas di Amerika Serikat dan Kanada.
  3. Beasiswa Research Assistanceship (RA), hampir sama dengan TA. Tapi kalau RA lebih terlibat dalam proyek-proyek yang dibuat oleh dosen.
  4. Beasiswa dalam bentuk proyek PhD: beasiswa berupa gaji bulanan yang ditawarkan oleh beberapa universitas di Eropa Barat, seperti  Belanda, Jerman, Swiss, Italia, Perancis, dan Spanyol dimana seorang profesor atau kelompok penelitian memenangkan sebuah proyek penelitian selevel PhD.
Persyaratan Melamar Beasiswa ke Luar Negeri
Ada beberapa hal utama yang perlu diperhatikan apabila ingin melamar sebuah program beasiswa ke luar negeri :
  1. Memiliki nilai TOEFL minimal 550.
  2. Memiliki nilai IP atau IPK minimal 3.
  3. Memiliki banyak pengalaman berorganisasi.
  4. Siapkan statement of purpose (SoP) yang spesifik, artinya buatlah SoP yang berbeda atau khusus untuk setiap program beasiswa yang dilamar.
  5. Pelajari sebanyak mungkin mengenai universitas dituju, mulai dari jurusan yang dipilih, para dosen, bahkan para alumni universitas tersebut.
  6. Buatlah format CV yang sistematis dan ringkas dimana memuat points of importance (hanya yang penting-penting saja).
 Langkah-langkah untuk Memenangkan Beasiswa
  1. Teliti dalam melihat iklan-iklan mengenai beasiswa karena siapa tahu ada program beasiswa yang sesuai dengan keinginan Sobat.
  2. Ambil formulir beasiswa yang Sobat inginkan dan bacalah dengan seksama. Pastikan program beasiswa tersebut cocok dengan syarat-syarat yang Sobat miliki, seperti usia, latar belakang, dsb.
  3. Pastikan sudah mengetahui dengan jelas kemana Sobat akan kuliah dan jurusan apa yang ditawarkan oleh program beasiswa tersebut.
  4. Kumpulkan persyaratan yang diminta oleh program beasiswa tersebut, seperti nilai TOEFL.
  5. Pastikan aplikasi yang Sobat buat dapat ‘menjual diri’ dimana penyelenggara program beasiswa tersebut dapat memahami betul bahwa Anda benar-benar membutuhkan beasiswa tersebut.
  6. Perhatikan waktu jatuh tempo program beasiswa tersebut
Rujukan: Serba serbi beasiswa

Mungkin sobat punya tips lainnya?. Silahkan di tambahkan di kolom komentar ya...

Artikel Terkait: Tips-Tips Sukses Olimpiade
NB ! Silahkan Copy paste, dengan tetap mencantumkan sumber ke info-lomba.com juga. Trims :-) Follow twitter kami: @infolomba_indo
sumber : info-lomba.com

No comments:

Post a Comment